HP Certified Professional

HP.CSABeberapa waktu lalu saya sempat mengikuti ujian dengan kode HP0-A01 atau yang dikenal dengan HP-UX 11i v3 System Administration, yup betul, exam ini adalah salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi sebagai “HP Certified Systems Administrator (CSA)”. Exam ini sendiri diperuntukan oleh System and network administrators, system integrators, support engineers, dan technical consultans yang sudah sering mengoperasikan system berbasis HP-UX ini kurang lebih satu tahun.

Ujian ini diselenggarakan oleh HP dan Prometric, dan untuk mengikutinya ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapai, yaitu “Prometric Testing ID” yang bisa didapatkan setelah kita registrasi di situsnya prometric, dan HP Learner ID, juga bisa didapatkan setelah kita registrasi di sini, sebagai catatan saja“HP Learner ID” bisa didapatkan setelah 3 hari waktu kerja dari waktu registrasi pertama kali (karena system HP e-learningnya terintegrasi dengan SABA) , jadi untuk prepare ujian ini dibutuhkan kurang lebih 1 minggu hanya untuk mengurus administrasinya.

Untuk detail ujian ini, seperti yang saya kutip dari situs officialnya kurang lebih seperti ini.

The following are details about the exam:

Number of items: 60

Item types: multiple choice, drag and drop, graphical

Exam time: 90 minutes

Passing Score: 70%

Objective:

HP-UX Architecture and Structure, (11 Soal)

HP-UX user environment, basic commands, and utilities, (10 Soal)

HP-UX system administration and operational tasks, (14 Soal)

HP-UX system network administration tasks, (13 Soal)

HP-UX installation, upgrade, and recovery tasks, (4 Soal)

HP-UX security administration tasks, (7 Soal)

HP-UX High Availability and Clustering Features, (1 Soal)

Saya sendiri membutukan total waktu 2 minggu plus 3 hari untuk prepare ujian ini, 1 hari untuk registrasi online di prometric, 1 hari untuk pembayaran biaya exam via CC plus konfirmasinya, 4 hari untuk mendapatkan “HP Learner ID”, 1 hari lagi untuk cek semua persyaratan ujian membuat appointment scheduling dengan penyelenggara ujian yang bisa kita tentukan sendiri di situsnya prometric, sisa waktunya saya pakai untuk searching bahan-bahan ujian sesuai dengan objective yang telah ditentukan di situs officialnya, juga me-review kembali buku training HP-UX System and Network Administration I & II, yang tebalnya minta ampun.

Dan syukurlah semua bisa saya lalui dengan hasil maksimal, dengan passing score 98% yang pastinya menyatakan kalo saya lulus exam ini (cum laud bo), tapi lagi-lagi sayangnya e-certificated baru bisa didownload setelah 1 sampai 2 minggu dari wakttu setelah kita lulus dari ujian, padahal kalo lebih cepat kan saya juga bisa lebih cepat mendapatkan “Tunjangan Sertifikasi” dari kantor, hahahahaha..

“.. the HP Certified Professional … is almost untouchable … for what he knows.. ” — Mirca Ricci, Demand Mgr for System Group

2 thoughts on “HP Certified Professional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *