Kerja di Luar Negeri

logo_monster_com
Beberapa hari lalu, om Riki buzz!! saya, dan langsung memberikan link http://www.detikinet.com/read/2009/05/08/164335/1128484/398/sdm-it-lari-ke-luar-negeri-pemerintah-diminta-waspada ini sambil tersenyum lalu.
Memang waktu itu saya sedang hot-hotnya dapat tawaran kerja di negeri tetangga, tapi berhubung harga tidak cocok, ya sudah find another else.

Trus kenapa sih saya juga mo ikut-ikutan kerja di luar negeri?, kalo menurut pandangan saya yang sederhana ini ada beberapa diantaranya kenapa saya mau kerja di negeri orang.

1. Penghasilan yang tinggi
Ini bukan gosip semata, apa lagi sih yang dicari jikalau kerja diluar negeri kalo bukan ini -penghasilan yang tinggi-, bayangkan saja anda di sini kerja banting tulang (24×7), lalu lembur disaat weekend dan standby pada waktu liburan, tapi kesejahteraan yang didapat sungguh jauh dari yang diharapkan, nah bandingkan dengan kerja di luar negeri, misal jam kerja / waktu sama seperti yang disebutkan diatas, so pasti output yang didapat sangat jauh-jauh berbeda dengan yang ada disini, wong! office hour aja berlimpah apa lagi 24×7 bo..yess! saving, saving, and saving the money for the future, kids.

2. Go! Internasional
Selain anggun, agnes dan teman-teman saya lainnya :D,
orang-orang IT harus go! internasional, karena apa, ya karena guna mendukung karirnya dimasa yang akan datang.
contoh simple dinegeri kita ini, selain legalitas, di negeri kita (… beautiful city) yang masih primitif, linglung dan bahkan terkesan norak!, saya pernah mendengar bawah lulusan / minimal pernah kerja diluar negeri, akan / pasti mendapatkan tempat yang terpuji, nah tidak ada salahnya juga untuk memanfaatkan momen seperti ini. Tetapi ingat harus tetap menghasilkan output, kreatifitas, inovasi yang lebih guna mendukung kemajuan negeri kita tercinta ini. kill the hiphop, long live rock n roll.

3. Pembuktian diri
Mandiri, pembuktian terhadap semua orang bahwa kita bisa hidup mandiri dimanapun kita berada, i’m single i’m very happy –oppie.

4. Penghargaan atas kreativitas
Beberapa waktu lalu teman sempat curhat, kenapa dia pindah-pindah kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bukan maksud dia si kutu loncat, justru dia sangat loyal terhadap perusahaan tersebut, juga produktif dalam berkarya bahkan darinya selalu mengucur ide-ide cemerlang yang dimana diperlukan guna mempermudah sistem informasi di perusahaan tempat dia berkerja sebelumnya, tapi apa dikata penghargaaan atas kreativitasnya selama ini nihil, even terhadap dirinya sendiri, sampai suatu saat dia berkata dalam hatinya, hellya ini gue, oioioi gue ada disini.
So saran terhadap para atasan, hargailah anak buah anda, toh anda tidak memulai semua langsung dari atas bukan.

5. Jalan-jalan
Nah dari semua point-point diatas, point ini yang menurut saya paling paporit, tentu setelah point ke-satu. Jalan-jalan, menikmati keindahan, buat kenangan, dan selalu buat dunia tersenyum, oh indahnya.

Sebenarnya masih banyak patern-patern yang diperlukan untuk pertimbangan anda/kita sebelum memutuskan pergi kerja keluar negeri, pergi kerja untuk menetap diwaktu lama, yang dimana ditempat tersebut merupakan tempat yang asing menurut pribadi kita, tapi ga ada salahnya untuk dicoba, toh mumpung masih muda, marilah kita berkarya.

Tapi ko bisa-bisanya itu pemerintah baru aware sekarang-sekarang, kemana aja bos, oh ya lupa!, lagi pada sibuk memperkaya, mencerahkan masa depan mereka sendiri, dan pastinya lobi sana sini, yang pastinya lagi untuk kepentingan pribadinya semata, –fsck

..There are spesial people in the world
we don’t ask to be special, were just born this way

24 thoughts on “Kerja di Luar Negeri

  1. Hmmm…
    Gak sepenuhnya setuju … 😛

    Karena seeing is believing, Mas perlu mengalaminya dulu ‘kerja di luar negri’ baru percaya dengan pendapat saya.

    Yang pasti social costnya lebih tinggi. Teramat mahal jika dibandingkan dengan duit yg kita terima sebagai kompensasi. Kita kehilangan lingkungan bagus tempat kita hidup sebelumnya, belajar mengenal tempat baru,tidak bisa beribadah senyaman tempat kita yang lama, cultural shock dan sebagainya. <– tentu hal ini tergantung di mana negara nya juga kali 🙂

    *btw, back ground dan pilihan warna font bikin mata sakit nih, sengaja mau nambah minus mata saya ya?:)*

  2. @afda
    Seperti yang saya tekankan diatas “atas nama pendapat pribadi aja mas” :d,
    sedang kalau social cost, secara masih single mah, oke” ajah, yang penting kompensasi yang didapat tidak kurang dari biaya hidup disana, plus bisa buat traveling dan bisa saving pastinya. :)>-, kalo ibadah jangankan diluar negeri, dibali ajah saya suka kesulitan, terutama untuk jumat’an.hehehe.

    *bekgron mana yah, bukannya bekgronnya putih, pontnya item, mungkin belum kerender semuanya kali yah :D*

  3. dihargai seh, tapi separuhnya atau bahkan dibawahnya dari tenaga IT dari ln yang kerja di negara kita, so pilihan ada di kita masing” :)>-

  4. kk.. mnta tlong link job’y donk..
    sya pgen bd krja di luar ngri..:)

    klo agency gtu, bener ga ya.. bz skg byk bd yang nipu.

  5. @reghi: Bisa ikut milis, contoh gogulfindonesia & parakontel, kalau mau jadi engineer telco, atau milis-milis seragam
    lainnya, tergantung deskripsi pekerjaannya.
    bisa juga di situs pencari kerja online seperti http://www.gulftalent.com/home/index.php, http://www.bayt.com/,
    dan http://monster.com/, atau bisa di situs jobsdb/jobstreet.

    Biasanya tawaran yang paling banyak memang lewat agency, tapi kalo lagi beruntung bisa dapat direct employee.
    tapi kalo agency yang ngirim TKI ke malaysia sebagai pekerja rumah tangga saya kurang tau :p

  6. hi,
    salam kenal.
    mo tau dong gmn cr nya qta bs kerja di luar negeri, kebayang jg ingin go internasional, tp k keterbatasan finasial jd stuck 🙁
    aq py beberapa tmn yg stay d luar, tp mrk ga bs ksh byk info gmn cr nya mrk bs smp sana T_T

    aq tg infonya ya 🙂

    tq

  7. @april
    Salam kenal juga,
    caranya biasanya bisa lewat agency atau direct perusahaan langsung.

    trus gimana dapetinnya ? coba cek di situs-situs pencari kerja online (cek komen #10), atau minta referensi dari teman-teman yang sudah lebih dahulu kerja overseas.

    Setau saya kalo lewat agency based on project (dibidang IT) biasanya kita tidak dibayar untuk jangka waktu 1 – 2 bulan masa kontrak, karena katanya takut kabur sebelum masa kontrak berakhir :D, tapi ga tau kalo sekarang.

    thanks udah mampir yah

  8. @agnez
    Kalo disini kalau tidak salah mungkin dikenal dengan outsource, tapi dari segi salary lebih masuk akal via agency di luar dari pada di dalam negeri.

    Kalau mengenai syarat toefl, sepertinya blum pernah juga, kecuali anda mo masuk ke PNS :D,
    karena setahu saya persyaratan administrasi untuk kerja diluar negeri tidak terlalu sulit dibanding kerja di dalam negeri,
    paling keahlian disegi technical, berbicara maupun menulis dalam bahasa internasional (inggris),
    syukur-syukur bisa bahasa lokal di negeri tempat anda bekerja nantinya.

  9. Mas,
    Ada batasan umur nggak untuk bisa work a broad?
    Terus syarat2 dokumen yang mesti disiapin apa aja?
    Mau dong japri situs/milis kerja LN-nya..
    Btw, blognya informatif banget.. Inspiring me.. Makasih ya..

  10. Lam kenal,
    Txs mas atas inspirasinya…
    BTW… umur sudah mulai kadaluwarso ni…. hiks :(

    gmana ya… ada yg info buat 35 th ke atas gak ya?
    inbox plis…

  11. Mas,kalau pake ijasah SMA dan umur sudah 27 tahun, cari kerja di jepang atau korea bisa ga ya?minta infonya donk.

  12. @adhit: Coba ke yayasan penyalur resminya, referensi teman yang sudah kerja disana atau coba kunjungi BNP2TKI

  13. Iya dicoba dialami saja…. soalnya saya sudah mengalami dulu waktu anak saya masih satu… dan istri baru satu (eh… sekarang juga cuma satu)…
    Satu minggu sampai satu bulan… wuah ueeenaknya tinggal di negeri yang sangat disiplin,, bersih,….. saling menghormati…. tapi sudah lewat satu bulan baru terasa Homesick… he3x….. belum lagi kangen sama yang namanya pecel, keredok, mei serodot, combro….. dan segudang makanan tradisional lainnya… Wah kayaknya sih…. lebih baik… dicobain deh kerja disana… biar ada pengalaman… Gambate kudasai…. (do…. do…. do…. do… semangat broooo)

  14. mas hendra..,
    saya dari banjarmasin(kalimantan selatan), saya mau kerja k luar negeri gimana cara’y ??
    umur saya 25th. bntr lagi say lulus kul s1 saya mau selasi kul saya langsung kerja k luar negeri, bisa bantu gA mas..klo bisa hubunge saya k no 08195528048. terima kasih,

  15. Good sociall feed… Setelah saya amati, info2 yg diberikan di dlm website ini, saya benar2 lebih ™((y)ˆ?’)(y)™ nih mas… Cuma bingung harus mulai darimana. Tlg dibantu y mas, karena saya tekendala dari reference untuk penyalur dan outsourc yg bisa membantu keberangkatan saya. Tlg di infokan ke alamat email saya, untuk reference ato outsocrh yg bs membantu ngurus keberangkatan saya. Salam kenal, dan sukses selalu untuk anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *