Create Raid with Mdadm

RAID_1Enaknya jadi Vendor, bisa jalan kesana bisa jalan kesini, ya ini merupakan kesibukan baru saya setelah 2 tahun lalu duduk manis jadi end-user di operator gsm sebagai tukang begadang.

Beberapa hari lalu di tempat client dibilangan pancoran kita sempat diskusi mengenai permasalahan RAID, baik dari segi baca tulis, I/O performance maupun dari segi lainnya, runut dirunut akhirnya didapatkan kesepakatan untuk menggunakan RAID-1 khusus digunakan untuk system operasi, aplikasi dan juga log file dari aplikasi tersebut, sedangkan untuk RAID-5 digunakan untuk data history dari system aplikasi tadi.

Sangat kebetulan operating systemnya menggunakan RHEL 5.2, sedang untuk tipe mesin yang digunakan adalah HP ProLiant DL380 G5, yang sayangnya smart array nya tidak digunakan dengan alasan tidak kompatibel dengan aplikasinya, tapi setidaknya itu memberikan keuntungan, karena apa?, karena jikalau smart array jadi digunakan, notabene saya tidak akan menulis postingan ini..hehehehe.

Oh ya yang tidak dibahas disini adalah cara installasi menggunakan “software raid” di RHEL, anda bisa mencari dokumentasinya di google atau bahkan di kbase (knowledge base) nya RedHat itu sendiri.

RAID_5Oke masih dengan pembahasan teknis, jadi langsung saja kita membuat RAID-5 yang dimana digunakan untuk data history dari aplikasi seperti yang saya jelaskan diatas tadi, untuk RAID-5 ini kebutuhan disk yang dibutuhkan adalah minimal 3 (n+1 ; n >1), tapi kita disini menggunakan 5 buah disk.

Check paket dari mdadm (linux software raid)

rpm -qa|grep mdadm
mdadm-2.6.4-1.el5

Jangan lupa untuk memformat disk dan mengganti tipe partisinya menjadi “Linux raid auto” dengan kode “fd“, setelah selesai, lanjutkan dengan membuat raid dengan perintah dibawah.

mdadm --create --verbose /dev/md5 --level=5 --raid-devices=5 /dev/sdb1 \
/dev/sdc1 /dev/sdd1 /dev/sde1 /dev/sdf1

*–level adalah spesifikasi dari tipe RAID yang diinginkan, pilihan yang valid adalah 0,1 dan 5 (RAID-0, RAID-1 dan RAID-5)
*–raid-devices adalah disk member dari RAID nya

lalu jika sudah terditeksi mari kita save konfigurasinya

mdadm --detail --scan|grep md5
ARRAY /dev/md5 level=raid5 num-devices=5 spares=1 UUID=ff01cedc:2e3bb0d0:44518460:a414d585
mdadm --detail --scan > /etc/mdadm.conf

lalu buat mount pointnya, mounting dan selesai untuk hari ini

mkfs.ext3 /dev/md5
mkdir -p /app/data
mount /dev/md5 /app/data

Jangan lupa untuk menambahkan “/dev/md5” tadi di “/etc/fstab”
Oh ya untuk membuat RAID-1 tinggal mengganti “md” nya lalu “level”nya dah disk membernya (raid-devices)

Pulang dulu ah,
Cuy tungguin gue napah..

5 thoughts on “Create Raid with Mdadm

  1. gw pernah punya pengalaman gak enak tentang raid 5 ini…
    sekarang kalau install server jadinya di mirror aja alias raid 1 馃榾

    tetep semangat ya say…nah sekarang ketemu enaknya kerja di vendor…hehehehe

    love u…muachhhh

  2. @ Henry
    Sharing tip/tricks Oracle lo dong Om.. 馃榾

    @ Ria
    Kalo Raid 5 ini buat Data ria sayang. kalo untuk OS tetep make Raid 1, jadi yang kemaren gue lakuin adalah 2 disk (raid 1) peruntukan hanya untuk Operating System aja, lalu disk sisanya untuk data memakai raid 5, karena kalo dipakai raid 1 lagi, boros bow..

  3. @Dekretak
    Sory baru aprup comment lo, ya jangan keseringan juga, yang ada malah pusing, huahahaha, lagian kalo keseringan dianggap anak ilang sama orang kantor karena ga pernah ke kantor :)>-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *